Jangan Beli Laptop Plastik!

Judulnya agak rusuh(?) sih, tapi serius… Jangan Beli Laptop Plastik!

Perlu diketahui, yang gw maksud laptop plastik disini itu laptop yang ber-build quality rendah, yang rata-rata adalah laptop berbahan plastik. Kita tidak bisa menjustify build quality laptop dari bahannya saja.

Postingan ini gw buat karena dan berdasarkan pengalaman gw yang mungkin bisa dijadikan panduan bagi gw sendiri dan para pengunjung saat misalnya berencana untuk membeli laptop.

Pada tanggal 23 Desember 2015 pas gw kelas 10, gw beli laptop untuk yang kedua kalinya (*pake duit ortu sih hehe*), laptopnya Lenovo G4-80. Sebelumnya gw beli laptop pas kelas 8, yaitu acer v5-132 (cmiiw), speknya rendah sampe sekarang masih dipake sama kakak gw walaupun hdd nya udah mengeluarkan suara-suara aneh sakaratul maut.

IMG_20170603_210014
Kuitansi nya disimpen, baru ditemuin tadi coincidently

Well, kalau dibandingin harga kedua laptop itu. Laptop pertama gw harganya sekitar 3jt-an, laptop kedua harganya lebih dari 2x lipat lebih tinggi laptop pertama. Waktu gw beli laptop yang pertama, intinya gw cuma dikasih opsi-opsi laptop yang sesuai sama uang yang ada, terus somehow gw milih acer v5-132. Kalau pas beli laptop kedua, yang gw paling pertimbangkan itu spek per harga nya. Gw sampe ngelupain tentang kepraktisan, build quality, future proof, dll. “Pokoknya gw harus dapet laptop yang speknya paling tinggi di harga segini”. Akhirnya gw beli lenovo G40-80 yang prosesornya i5-U dan ada dedicated VGA-nya r5 m330. saat itu gw dibutakan dengan spek semata “In the Name of Specs”.

Kalau dibandingin impresi pertama gw thd kedua laptop tsb sih emang laptop pertama build quality nya terasa lebih solid daripada yang kedua, yang kedua footprint-nya lebih gede, tapi kerasa ringkih dari pas pertama beli.

IMG_20170603_204534
Abaikan Heatpipe Intake dan Exhaust yang kotor

Dan sekarang…. Belum dua tahun udah retak bodinya. Gw gatau kenapa ini bisa retak, padahal seinget gw belum pernah kebanting yang parah-parah deh laptop ini. Yang lebih parah lagi hinge nya udah rusak, setiap gw tutup atau buka layarnya penutup bawah laptopnya kebuka. Gw belum pernah ngoprek-ngoprek sampe sana padahal. Dan bautnya juga kenceng kok.

IMG_20170603_215644.jpg
Ketika layarnya digerakkan, sekali lagi abaikan debu nya ok.

Untuk kedepannya karena trauma mungkin gw akan lebih concern ke build quality instead of specs. Mungkin target laptop gw selanjutnya gw pengen punya laptop yang build quality-nya sekelas macbook atau razer blade, semoga tercapai. Dan untuk kalian yang butuh portabilitas tinggi, build quality itu ngaruh banget, SSD juga penting biar laptopnya bisa dilempar-lempar.

Leave a Reply

