Failure

Halo Semuanya, hasil OSP sudah diberikan dan tebak hasilnya gimana? Ya, aku gak lolos OSN tahun ini. Agak sedih sih, karena ini OSN pertama dan terakhir. Kenapa OSN pertama dan terakhir? Karena aku udah kelas XI dan waktu kelas X aku gak ikut, bahkan dulu gak pernah kepikiran aku bakal ikut olimpiade gini. Mungkin pengalaman yang katanya brute force aja cukup gak berlaku buat semua orang.

Mereka bilang gagal adalah kesuksesan yang tertunda, tapi apakah memang seperti itu? am I supposed to try and try again? Indeed, if I can try the OSN again I will try again, but what if I can’t? Am I have to just accept that I fail? what can I do next?

I will learn from this failure, but what can I learn? can I just learn that I’m stupid and not decent enough to win a competition? tbh, I really don’t know what can I learn from this failure.

kemarin aku menonton video pemberian gelar kehormatan doktor honoris causa oleh Harvard kepada CEO dan Co-Founder Mark Zuckerberg, di video itu dia bercerita banyak hal tentang harvard, pertemuannya dengan priscilla, perjalanan ia saat membangun facebook, sampai rencana kedepannya yang akan ia lakukan bersama para milenial. Saat ia menceritakan tentang perjalanannya membuat facebook, aku tertuju kepada potongan kalimat ini.

“Facebook wasn’t the first thing I built, I also built chat systems and games, study tools and music players. And I’m not alone: J.K. Rowling got rejected 12 times before she finally wrote and published Harry Potter. Even Beyonce had to make hundreds of songs to get ‘Halo’.”

Sekarang aku gagal, apakah aku harus mencobanya lagi? let’s see, apa yang harus aku coba? kompetisi pemrograman? Apakah itu compfest? Tapi aku mungkin tidak punya waktu untuk compfest. ICPC? Hahaha jauh banget mikirnya, OSN aja gak lolos.

Tapi serius, memang ada hikmahnya sih aku gak lolos, aku diberi waktu untuk beristirahat sejenak dan memikirkan tujuanku buat kedepannya. Aku sempat memikirkan untuk mengikuti ACM ICPC saat kuliah, tapi itu berarti jika aku menargetkan sampai ICPC maka aku harus memilih tempat kuliah yang bagus, dan jika aku ingin mendapatkan tempat kuliah yang bagus maka aku harus belajar dengan sungguh sungguh. See? Maka dengan aturan Silogisme kita dapat menyimpulkan bahwa jika aku menargetkan sampai ICPC maka aku harus belajar dengan sungguh-sungguh. And that My Friend, Because Life is Learning

Because Life is Learning

Leave a Reply

