Tamago Kake Gohan dengan Telur Setengah Matang

tumblr_lnzua8v3cb1ql7gyfo1_500Bagi kalian yang menyukai anime, J-drama, atau hal-hal jejepangan lainnya pasti mengetahui sebuah hidangan jepang yang berisi nasi dengan telur mentah diatasnya, biasanya ini dihidangkan di atas mangkuk. (CMIIW soalnya gw belum pernah liat di anime, film, dll orang makan tamago kake gohan pake piring)

Back then when I was in elementary shcool, mungkin sekitar seminggu sekali bapak memasakkan gw telur ayam kampung rebus setengah matang. Kenapa harus telur ayam kampung? karena gw pernah coba pake telur ayam negeri dan rasanya beda, gw sendiri lupa rasanya kayak gimana tapi kapok lah masak telur ayam negeri setengah matang.

Balik lagi ke topik utama, hal yang dilakukan gw pagi ini adalah tidur-tiduran, belajar lewat brilliant, sedikit ngeyoutube juga. Tiba-tiba, ada suara gemuruh dari suatu tempat yang sangat dekat, gw kelaparan. Gw pun pergi ke dapur dan berniat untuk membuat mie, gw membuka lemari dan lalu menyadari bahwa stok mie di rumah sudah habis. Entah kenapa, yang gw pikirkan saat itu tiba-tiba bikin tamago kake gohan tapi pake telur rebus setengah matang instead mentah sama sekali.

Akhirnya berbekal pengetahuan dari google, Gw coba bikin dan inilah hasilnya.

IMG_20170412_120430.jpgBerdasarkan pencarian gw di google, sepertinya gak ada yang pernah mencoba untuk membuat tamago kake gohan dengan telur setengah matang. Jadi gw akan jadi yang pertama gw pikir. Karena terlalu semangatnya gw sampai lupa mengecilkan api yang menyala pada kompornya, alhasil telur yang gw masak matang dengan sempurna. Inilah akibat dari tidak menuruti perintah orang tua untuk mengecilkan api pada kompor.

Percobaan 2

Lalu pada malam harinya gw mencoba untuk melakukannya kembali, bedanya adalah cara memasaknya. Pertama gw memanaskan dulu air sampe mendidih, lalu matikan kompor dan masukan telur ke air yang mendidih tadi, tunggu sampai 6 menit.

Tebak apa yang terjadi? hasilnya bagus. Gw gak bisa ngasih fotonya karena waktu itu gak sempet buat moto karena udah kelaparan duluan. Intinya, tekstur si telornya masih bisa diaduk aduk ke nasi, warna putih telornya juga udah jadi putih (bukan bening). Eneg apa enggak? Kalau menurut gw sih enggak, entah karena emang gw udah biasa makan telur rebus setengah matang atau emang gak eneg. Sayangnya stok boncabe di rumah udah abis, coba kalau ada pasti enak banget.

Terakhir buat yang baca ini, Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s